Home Kabar Trotoar Kota Bojonegoro Kini Dilengkapi Penyaring Sampah

Trotoar Kota Bojonegoro Kini Dilengkapi Penyaring Sampah

WiraSwara Bojonegoro, 17/12. Curah hujan tinggi yang sering terjadi di Bojonegoro mengakibatkan beberapa ruas jalan protokol di dalam kota digenangi air akibat saluran atau drainase yang tidak dapat menampung air hujan dalam kapasitas tinggi. Dikarenakan ukuran saluran yang relatif kecil, serta adanya penumpukan sampah yang masuk ke dalam saluran.

Namun, dalam satu tahun terakhir ini, Pemkab Bojonegoro telah berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, yakni dengan adanya proyek perbaikan saluran dan trotoar yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Dikutip dari website resmi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro (www.bojonegorokab.go.id), pengerjaan proyek trotoar di wilayah kota menyentuh angka 96% dan direncanakan rampung pada akhir Desember ini. Trotoar yang baru telah dipasangi grill atau alat resapan air yang memiliki penyaring di dalamnya. Fungsi dari grill adalah menyaring sampah atau kotoran yang ikut hanyut dengan air dari badan jalan. Sampah tersebut akan tertahan pada alat penyaring di dalam grill sehingga yang masuk pada saluran air induk hanya air. Selain itu grill ini mudah dibuka dan ditutup agar memudahkan petugas kebersihan mengambil sampah yang tersangkut pada alat penyaring. Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Utilitas Umum (PSU) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ciptakan Karya, Hari Prasetyo membenarkan hal tersebut. Grill mempunyai sistem serupa dengan sumur resapan yang dapat menampung air lalu mengalirkan ke saluran induk. “Kita juga memudahkan petugas serta mengupayakan agar sampah tidak masuk pada saluran air yang dapat menyebabkan air tersumbat,” ucapnya.(red/Afn/Kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here