Home Kabar Kang Yoto Apresiasi Bank Sampah Unigoro

Kang Yoto Apresiasi Bank Sampah Unigoro

509
0
Foto : Istimewa

WIRASWARA (Pemberdayaan) – Program pemberdayaan masyarakat berupa bank sampah yang diberikan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bojonegoro (Unigoro) kepada warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Trucuk mendapat apresiasi Bupati Bojonegoro, Suyoto, Kamis (24/8/2017).

Apresiasi tersebut disampaikanvKang Yoto sapaan akrab bupati Bojonegoro, saat menghadiri peresmian dan pemberian nama bank sampah yang dibuat oleh ‘ kampus kuning ‘ (sebutan lain Unigoro). “Saya namakan ini Bank Sampah Berkah,” kata Kang Yoto.

Bupati dua periode itu mengungkapkan, Tulungrejo adalah daerah Bantaran Sungai Bengawan Solo yang sewaktu waktu dapat terjadi banjir saat musim hujan ataupun banjir kiriman dari hulu yang dapat mendatangkan sampah. Kalau itu dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, lanjut dia, sampah itu akan menjadi berkah. “Oleh karena itu saya berikan nama bank sampah ini Bank Berkah,” tegas Kang Yoto setelah meresmikan bank berkah bersama jajaran kampus, muspika, dan para nasabah bank sampah.

Arif Januarso, Ketua Yayasan Suyitno Universitas Bojonegoro menjelaskan pendirian bank sampah ini merupakan program akselerasi sustainable development goals (SGDs) antara lembaga pendidikan dengan badan usaha milik desa (BUMDes) Tulungrejo guna memberdayakan kekuatan masyarakat agar lebih peka terhadap isu lingkungan hidup. “Khususnya mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi,” sambung Arief.

Dia menunuturkan jika sampah dapat dikelola dengan baik, selain lingkungan menjadi sehat juga dapat membawa keberkahan guna meningkatkan ekonomi pada masyarakat dengan memanfaatkan keberadaan bank sampah. Selain itu Bank Sampah ini adalah salah satu upaya akademisi dalam mendukung program pemerintah desa sehat dan cerdas.

Arief menjelaskan saat ini bank sampah berkah sudah memiliki 137 nasabah dan akan terus bertambah setiap harinya. “Nasabah baru, akan diberikan bibit tanaman, imbuhnya.(redaksi)

Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here