Home Kabar Kabar Daerah Pemkab Bojonegoro Gelar Pembinaan Kades dan Sinkronisasi Program untuk Percepatan Pembangunan

Pemkab Bojonegoro Gelar Pembinaan Kades dan Sinkronisasi Program untuk Percepatan Pembangunan

207
0
Wakil bupati Bojonegoro Budi Irawanto (tengah berpeci), bersama Kabag Hukum Faisol Ahmadi dan Asisten bidang pemerintahan Joko Lukito pada acara pembinaan Kades dan Sinkronisasi di pendopo Pemkab Bojonegoro., Foto: Dok.istinewa

BOJONEGORO, wiraswara.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyelenggarakan pembinaan Kepala
Desa (Kades) se-Bojonegoro, acara diadakan di pendopo Malowopati Pemkab Kamis 18/07/19.

Pembinaan diselenggarakan dalam rangka “Sinkronisasi Program Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa Guna Percepatan Pembangunan di Kabupaten Bojonegoro”. Pembinaan diikuti oleh 414 Kades serta 28 Camat.

Dalam sambutannya bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan bahwa Alokasi Dana Desa (ADD) akan mengalami peningkatan yaitu sebanyak Rp. 1 Miliar, nantinya akan diterbitkan Peraturan Bupati Tentang Percepatan Pembangunan Berbasis Perdesaan yang akan memuat pemetaan kondisi desa, mengurangi kesenjangan, serta percepatan pembangunan guna meningkatkan ranking Indeks Pembangunan Manusia (IPM), agar target Pemkab menurunkan 1,5% angka kemiskinan dapat terealisasi, jelasnya.

Bupati menambahkan bahwa pelantikan Kades terpilih yang telah menggelar Pilkades serentak periode kedua pada 26 Juni lalu, akan diselenggarakan pada tanggal 4 September 2019, imbuhnya.

Pada kesempatan yang bersamaan wakil bupati, Budi Irawanto mengatakan bahwa setelah dilaksanakan pembinaan ini, Kades harus menghasilkan output yang nyata yaitu pembangunan desa secara menyeluruh. Wabup menambahkan bahwa Berdasarkan UU No. 6 Pasal 79 Tahun 2014, disebutkan bahwa Pemerintah Desa (Pemdes)
dalam menyusun perencanaan pembangunan, harus mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) serta Rencana Kerja Pemdes (RKP), tutur wabup Budi Irawanto. (DeBe/red)

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Bojonegoro

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here