Home Kabar Musim Awal Tanam Padi, Petani di Campurejo Maksimalkan Pengairan Teknis dan Jaringan...

Musim Awal Tanam Padi, Petani di Campurejo Maksimalkan Pengairan Teknis dan Jaringan Irigasi

506
0

WIRASWARA (Pertanian Campurejo) – Lahan pertanian yang cukup luas ditambah lokasi di bantaran sungai Bengawan Solo sehingga membuat sistem pengairan di Desa Campurejo, kec/kab. Bojonegoro Jawa Timur, menggunakan sistem pengairan teknis guna kebutuhan air yang difungsikan untuk mengairi sawah pertanian di kawasan Desa tersebut.
Sesuai informasi yang diperoleh wiraswara.com sistem pengairan teknis dengan menaikkan air bengawan solo guna mengaliri sawah dengan mesin pompa dan jaringan irigasi yang tersedia dapat memberikan ketersediaan air yang cukup, khususnya di musim awal tanam padi seperti saat ini masih dalam kondisi kemarau, namun persawahan di Desa Campurejo masih bisa menanam padi.

Demi terwujudnya kecukupan kebutuhan pangan dan dalam rangka mensukseskan program peningkatan produktivitas padi di kabupaten Bojonegoro, para petani Campurejo tidak ingin mensia-siakan musim awal tanam padi dengan persiapan yang cukup matang termasuk mewaspadai serangan hama yang menjadi teror paling menakutkan bagi petani hingga saat ini.

” Sudah satu minggu ini petani terlihat sibuk di sawah pertaniannya masing masing untuk mempersiapkan musim tanam awal, karena benih padi yang ditebar beberapa waktu lalu sudah saatnya ditanam, setelah sawah dialiri air pengairan yang cukup dan juga sudah dibajak tiba saatnya menamam padi “, kata Ngasipan salah satu pengurus HIPPA.

Alat pengairan teknis bantuan dari perusahaan JOB PPEJ kepada para pengguna air di Desa Campurejo selama ini digunakan oleh kelompok HIPPA Desa Campurejo dan telah memberikan manfaat yang cukup banyak bagi pertanian di Desa Campurejo, imbuh Ngasipan.

Kepala Desa Campurejo Edi Sampurno S.Sos disela-sela memantau sekretariat tim pengisian perangkat desa di kantor Desa Campurejo Selasa (29/08/17) ikut memberikan penjelasan, semoga dengan musim awal tanam padi kali ini petani yang berada di Desa Campurejo bisa membantu program pemerintah kabupaten Bojonegoro, sebagai kawasan lumbung pangan dan swasembada pangan, ujarnya.

” Semoga pertanian di Desa Campurejo tidak kena serangan hama, dan menghasilkan panen yang maksimal sesuai dengan program peningkatan produktivitas padi khususnya di kabupaten Bojonegoro “, imbuh Kades Edi Sampurno.(redaksi)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here