Home Kabar Opini Menjadi Bermakna Bagi Bangsa: Kenali Frame Anda, Pertahankan atau Ubahlah!

Menjadi Bermakna Bagi Bangsa: Kenali Frame Anda, Pertahankan atau Ubahlah!

278
0

Menjadi Bermakna Bagi Bangsa: kenali frame Anda, pertahankan atau ubahlah!

Note : by Kang Yoto (UID)

“A statesman is not simply a politician, but an extraordinary politician who exercises wise leadership” Dannhauser.

Semua manusia itu pemimpi, baik saat terjaga maupun tidur, meminjam kata kata Don Miguel Ruiz. Sepanjang hari pikiran memproduksi impian, baik sebagai pribadi, kelompok, masyarakat, organisasi, bangsa dan warga dunia. Gagasan kolektif itulah impian bersama, hasil konsensus sekelompok pemimpi.
Maka agar dapat hidup bersama seseorang tidak mungkin hanya mengikuti mimpinya, ia harus menerima mimpi orang lain atau kelompoknya. Hidup berbangsa bernegara berarti kesanggupan untuk ikut aktif menerima dan memproduksi mimpi bersama. Pemikiran, aturan, tata krama dan keyakinan yang dipilih adalah bagian dari konsensus mimpi bersama.

Apa yang membedakan manusia tertidur dan terjaga. Dalam tidurnya ia bermimpi tanpa frame. Dalam terjaga ia bermimpi (berpikir) dengan frame yang dipilih dan disepakatinya. Lewat frame inilah ia menilai dan memutuskan, menerima atau menolak, berkembang atau statis, bersama atau sendiri. Dalam realitas seperti ini ia tidak lagi dapat bermimpi liar atau bebas seperti saat tidur. Kehidupan berbangsa dan bernegara mensyaratkan kesediaan menerima mimpi kolektif, sekaligus kesanggupan berkontribusi menawarkan mimpi baru dan segala usaha untuk menjadikannya nyata bagi kebaikan semua.

Maka luaskanlah jangkauan mimpi, jangan berhenti pada mimpi pribadi dan kelompok. Gantilah frame diri dan kelompok dengan frame kebangsaan. Kita tidak harus berhenti berpihak dan menilai tapi berpihaklah dan menilailah dengan frame kebangsaan.

Politisi negarawan, politisi yang bermimpi dan berjuang dengan frame kebangsaan. Kecuali saat ia tertidur, ia tetap boleh bebas liar bermimpi, bebas menggunakan frame apa saja, atau bahkan tanpa frame.

Selamat datang anggota legislatif terpilih 2019-2014. Pintu menjadi negarawan kini terbuka lebar di depan anda!

Kang Yoto

Jakarta, 9 Agustus 2019.

Editor : DeBe wiraswara

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here