Home Kabar Campurejo Gelar Sedekah Bumi

Campurejo Gelar Sedekah Bumi

615
0
Foto: Susilo Wandriyo

WIRASWARA – Tradisi sedekah bumi atau biasa disebut nyadran bahkan masyarakat menyebutnya perayaan ” Manganan “, di desa Campurejo kec/kab. Bojonegoro, Jawa Timur. Diselenggarakan setiap tahun.

Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur pada Tuhan sang penguasa jagad raya dalam menjaga hubungan manusia pada Tuhan (hablu minalloh) dan hormat kepada leluhur sekaligus tokoh yang dianggap sangat berpengaruh dengan adanya asal muasal desa Campurejo.

Sedekah bumi yang digelar di makam ” Eyang Manis “, hari Kamis pagi (10/08/17), diawali dengan beberapa rangkaian acara sebelumnya.

Menurut kepala desa Campurejo Edi Sampurno  S. Sos, kegiatan yang disebit oleh masyarakat ” Manganan ” kali ini kami awali dengan pagelaran wayang thengul semalam suntuk Selasa Wage (8/08/17), Alkhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun.

Edi Sampurno menambahkan, selanjutnya acara puncak sedekah bumi kami selenggarakan Kami Pagi di Makam Eyang Manis, bersama – sama warga masyarakat yang antusias menyambut tradisi sedekah bumi, imbunya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga desa Campurejo yang telah sudi meluangkan waktu serta sumbangsihnya sehingga acara terlaksana dengan baik, semoga kedepan bisa semakin terjaga lebih baik lagi dalam kita menggelar sedekah bumi sebagai bentuk ” Uri uri kabudayan jawi “.

Selanjutnya menurut tokoh masyarakat desa Campurejo Bambang Kasan, yang sudah mengikuti dan mengetahui tradisi sedekah bumi seperti yang diselenggarakan kali ini, menyambut dengan sangat baik apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) , hal seperti ini harus tetap dijaga sebagai bentuk bagaimana kita menghormati leluhur  sehingga kita dapat merasakan apa yang ada seperti saat ini, ucapnya.(redaksi)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here