Home Kabar Kabar Daerah BPD Gelar Musdes Pembentukan Panitia Pilkades Campurejo 2019 – 2025

BPD Gelar Musdes Pembentukan Panitia Pilkades Campurejo 2019 – 2025

2036
0
Penetapan 15 Panitia Pilkades Desa Campurejo Kec/Kab. Bojonegoro, Foto : Nanda.wiraswara

BOJONEGORO, wiraswara.com – Sesuai dengan jadwal dan tahapan Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak periode kedua pada tahun 2019 di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Badan Permusyaratan Desa (BPD) Desa Campurejo menggelar musyawarah desa ( musdes ) dalam rangka pembentukan Panitia Pemilihan kepala desa.

Musyawarah desa yang dilaksanakan oleh BPD Desa Campurejo dihadiri oleh pihak Pemerintah desa yakni Kepala desa beserta seluruh jajaran perangkatnya, Camat Bojonegoro yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Babinsa dan Babhinkamtibmas Desa Campurejo, ketua Rukun Warga (RW), seluruh ketua Rukun Tetangga (RT) se wilayah Desa Campurejo, Tokoh masyarakat, Tokoh perempuan, Tokoh agama, Tokoh pemuda dari masing masing RT se wilayah Desa Campurejo. ” Musyawarah saat ini merupakan pertama kalinya yang terjadi khususnya di Desa Campurejo dengan menghadirkan undangan secara maksimal, ” kata Edi Sampurno Senin 4 Februari 2019, pukul 19.30 WIB malam saat memberikan sambutan.

Pria yang masih aktif menjabat Kepala desa Campurejo itu menyampaikan, ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh tamu undangan musyawarah desa yang telah meluangkan waktunya, guna mengikuti proses awal tahapan Pilkades serentak yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Juni 2019 nanti, sambut Edi Sampurno S.Sos.

Dirinya juga mengatakan, bahwa enam bulan sebelum masa bakti Kades berakhir merupakan tahapan dimana BPD untuk mengingatkan Kepala desa untuk menyampaikan segala hal yang menjadi pertanggungjawaban selama menjabat. Meskipun dalam tahapan Pilkades nanti dirinya mencalonkan kembali maka tetap akan melayani warga sesuai dengan kebutuhan dan kewajiban sebagai pelayan seperti biasa, tutur Kades Campurejo.

Edi Sampurno menambahkan, sebagai Kepala desa yang masih aktif hingga bulan Agustus 2019, sesuai dengan aturan saat dirinya mendaftar sebagai calon kades akan cuti dari jabatannya setelah ditetapkan menjadi calon kepala desa oleh panitia Pilkades, imbuhnya.

Sementara Kasi Pemerintahan Subandi yang hadir mewakili Camat Bojonegoro, menyampaikan Pilkades serentak yang akan digelar di Kabupaten Bojonegoro ini meliputi ratusan desa, termasuk lima (5) Desa yang ada di Kecamatan kota yakni Desa Campurejo dikarenakan masa jabatan Kepala desa akan segera selesai. Oleh karenanya mewakili bapak Camat yang juga menghadiri musyawarah serupa di Desa lain, dirinya mengapresiasi musyawarah desa yang dilaksanakan oleh BPD bersama Pemdes Campurejo dengan menunjukan ketaatan pada peraturan, dimana musyawarah dilakukan dengan menghadirkan seluruh unsur yang dijelaskan dalam peraturan, terangnya.

Lebih lanjut, musyawarah desa dibuka dan dipandu langsung oleh ketua BPD Desa Campurejo dengan menjelaskan dasar hukum pembentukan Panitia Pilkades yakni Peraturan Bupati nomor 29 tahun 2016 serta Peraturan Daerah dan peraturan dan perundang undangan diatasnya yang berlaku di negara kesatuan republik indonesia, jelas Nurhasim.

Nurhasim mengungkapkan, dalam pembentukan Panitia Pilkades ini merupakan domain dan hak BPD dengan menggelar musyawarah desa, didalam peraturan Panitia yang dibentuk meliputi unsur perangkat desa, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, unsur pendidik. Ia berharap dalam musyawarah pada malam ini bisa terpenuhi semua unsur tersebut, dan sesuai dengan amanah peraturan jumlah daripada Panitia yaitu sembilan (9) orang hingga 15 orang, dan di Desa Campurejo akan membentuka 15 orang Panitia Pilkades, tegasnya.

15 orang yang terpilih menjadi Panitia Pilkades nantinya akan menjalankan sesuai tahapan secara maraton sesuai dengan jadwal dan tahapan Pilkades serentak yang sudah ada. Dan semoga Panitia yang terbentuk dan akan ditetapkan pada malam ini dapat terpilih orang orang yang dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab serta dapat menjaga indepedensi atau netralitas dalam pelaksanaan Pilkades di Desa Campurejo hingga lancar dan sukses sesuai dengan harapan masyarakat, pungkas Nurhasim.

Sesuai dengan data yanh diperoleh wiraswara.com., 15 orang Panitia tersebut diantara, tiga orang dari unsur perangkat desa, empat orang ketua RW, dan delapan orang unsur tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda dari masing masing pedukuhan, dikarenakan Desa Campurejo ini terdiri dari tiga Dusun yakni Pohagung, Plosolanang, dan Mlaten. (redaksi)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here